Selamat Datang di Wajibstat Analysis

TETAP SEMANGAT. PIKIRKAN BAHWA SUKSES ITU HANYA TINGGAL SATU LANGKAH. HARUS SELALU ADA SEMANGAT UNTUK BISA*** Salam Sobat ***

Minggu, 24 Maret 2013

UJI ANOVA (BEDA RATA-RATA LEBIH DARI DUA POPULASI INDEPENDEN) + CONTOH DENGAN SPSS

UJI ANOVA


Malam sobat semua.. Gimana kondisi? Mudah-mudahan sehat semuanya ya..
Nah, setelah ngeposting uji beda rata-rata dua populasi, sekarang saya mau ngeposting lagi nih tentang uji rata-rata untuk lebih dari dua populasi.. 

Sebelumnya, saya batasi penjelasan saya pada uji yang parametrik dulu.. Kalau dua populasi kita pakainya uji t (apakah berpasangan atau independen) dipakai uji t, sekarang kalau sudah lebih dari dua, pakainya adalah uji Anova..

Nah, Anova itu ada dua jenis noh sob,, ada yang one way dan ada yang two way.. Kalau three, four dan k way itu istilah kerennya disebut dengan Manova.. Walah walah, apa itu,, Yaudah deh, yang itu entar aja, pasti dibahas juga kok,, Calm down baby hehehe..

Nih kasusnya one way, misalnya saya pengen tahu apakah ada beda rata-rata nilai psikotest diantara para pegawai yang lulusan diploma, strata I dan strata II. Tuh, ada tiga kan populasinya.. Kalau kaskusnya two way, misalnya apa ada beda rata-rata nilai psikotest DAN nilai tes logika (two way nih) diantara para pegawai yang lulusan diploma, strata I dan strata II. Jadi, dalam two way ada dua kategori yang mau kita bandingin (psikotest dan logical test) diantara 3 populasi tadi..

Oke, disini saya kasi contoh uji Anova.. Kalau sobat juga mau praktek langsung, silahkan download dulu data buat uji Anovanya disini..

Pada contoh ini, saya mau menguji adakah perbedaan rata-rata nilai ujian psikotest diantara pegawai perusahaan “Triple S” yang lulusan Diploma, SI dan SII.. Saya asumsikan saja uji kenormalan terpenuhi.. Masalah kenormalan ini sudah pernah dibahas pada postingan sebelum-sebelumnya.. 

Naaaah, pas sobat buka datanya, disitu sudah ada dua variabel yaitu nilai dan pendidikan beserta keterangannya.. Untuk variabel pendidikan, isian datanya adalah 0,1 dan 2.. Maksudnya? Copy atau eskpor dulu data di excelnya ke dalam SPSS.. 

Pada variable view, nilai labelkan dengan nilai ujian psikotest sedangkan pendidikan labelkan dengan pendidikan pegawai perusahaan. Selanjutnya untuk pendidikan juga atur saja valuenya dengan 0=diploma, 1=strata I, dan 2=strata II..

Berikut gambarannya:





Selanjutnya, sobat klik menu Analyze, Compare Means, lalu pilih One Way Anova.. Masukkan variabel nilai ke dalam bagian Dependent List sedangkan variabel pendidikan masukkan ke dalam bagian Factor..


Sebelumnya, jika uji Anova nanti hasilnya signifikan sehingga menunjukkan ada perbedaan nilai ujian diantara ketiga populasi pegawai (minimal ada satu populasi berbeda dengan yang lainnya), bagaimana kita tahu, antara populasi mana yang berbeda? Apakah antara yang lulusan Diploma dengan SI, SI dengan SII atau Diploma dengan SII? Solusinya ada nih sob, pakai uji Tukey HSD (Honestly Significant Different)..

Jadi, sekarang klik bagian Post Hoc dan centang Tukey lalu klik Continue


Pada bagian Options, centang Decriptive (untuk informasi deskriptif) dan Homoegenity of Variance Test (Uji Kesamaan Varians) yang harus dipenuhi dalam Anova.. Baru, klik Continue dan OK..


Output yang dihasilkan seperti ini:


Dari Descriptive, nilai rata-rata ujian Psikotest STRATA I (S I) paling tinggi yaitu 84,0. Untuk tes kesamaan varians, dari statistik Levene terlihat nilai Sig. 0,721yang lebih besar daripada 0,05 sehingga kita menerima hipotesis nol (varians sama).. Berarti, kesamaan varians untuk Anova sudah terpenuhi sehingga uji Anova valid untuk kita gunakan...

Dari tabulasi hasil ANOVA, terlihat bahwa varians between lebih homogen dibandingkan dengan withinnya.. Nilai Sig, Uji Anova (Uji F) ini sebesar 0,031 yang lebih kecil daripada Alpha 0,05 sehingga kita menolak hipotesis nol dan menyimpulkan ternyata ada perbedaan rata-rata nilai yang signifikan secara statistik diantara ketiga populasi pegawai (lulusan Diploma, SI dan SII). 


Untuk tahu, populasi mana sebenarnya yang berbeda., lihat dari output Post Hoc Tukey HSD.. Perhatikan tanda ’ yang terlihat agak kecil pada bagian Mean Difference (I-J).. Yang berbeda adalah nilai rata-rata ujian Psikotest pegawai lulusan Diploma dengan pegawai lulusan Strata I..

Oke deh sobat,, Itu dulu ilmu yang bisa saya bagikan,, Semoga bermanfaat buat kita semua.. Semangat dan salam sukses :-)

2 komentar:

  1. thanksss betul bermanfaaat disaat seperti ini :D

    BalasHapus
  2. yap salam kenal mas Fathur.
    thanks sudah berkunjung.. salam damai dan sukses selalu :)

    BalasHapus