Welcome to Wajibstat Analysis Jibvela17...

NEW WAJIBSTAT ANALYSIS IS COMING***

Selasa, 23 April 2013

TUTORIAL LISRELL UNTUK MENGENAL DAN MENGGAMBAR MODEL ANALISIS FAKTOR/CONFIRMATORY FACTOR ANALYSIS (Kasus Dua Faktor) PADA LEMBAR PATH DIAGRAM LISRELL (Terusan Postingan Tutorial Awal Pengenalan Software Lisrell)


TUTORIAL LISRELL UNTUK MENGENAL DAN MENGGAMBAR MODEL ANALISIS FAKTOR/CONFIRMATORY FACTOR ANALYSIS (Kasus Dua Faktor) PADA LEMBAR PATH DIAGRAM LISREL
(Terusan Postingan Tutorial Awal Pengenalan Software Lisrel)

Malam nih sobat semua hehehe.. Apa kabarnya neh sobat semua hehehe... Semoga tetap semangat, sukses dan sehat selalu yaaa hehehe... Amin..
Oke deh sob, malam hari yang indah ini, ciaelaa saya akan meneruskan postingan saya sebelumnya (cek disini). Kali ini, saya akan posting tentang pengenalan dan tehnik penggambaran model analisis faktor (CFA) dengan dua Faktor (variabel laten bentukan) pada lembaran kerja Path Diagram Lisrel.

Untuk tehnik mudah mengenal gambar (nanti ada yang kotak gray, kotak berwarna, ellips gray, ellips berwarna dan lain-lain), saya membuat pola pikir yang mengerucut. Beda dengan teori atau hitungan yang lebih mudah pakai pola divergen/meluas. 

Misalnya untuk divergen, sobat harus paham dulu dari yang lebih mudah lanjut ke medium sampai yang kompleks seperti untuk tahu teori/konsep dan penghitungan SEM, harus paham dulu mulai dari Analisis Komponen Utama lanjut Analisis Faktor lanjut Path Analysis dan sampailah ke Structural Equation Modelling (SEM). 

Sedangkan kalau terkait visualisasi nih sooob yang tentunya lebih gampang diinget (karena media gambar) justru yang akan saya terapkan adalah kebalikannya yaitu dari yang kompleks dulu (banyak gambar yang harus kita kenal) menuju ke mudah (lebih sedikit gambar yang harus kita kenal).
Oke deh, saya akan berangkat dari gambar SEM yang sederhana yang sudah saya buat untuk sobat semua.. Berikut gambarnya: SIMAK BAIK-BAIK



SIMAK BAIK-BAIK 12 RINGKASAN PEMAHAMAN BERIKUT:


Untuk gambar kotak gray (abu-abu): Variabel indikator/manifest eksogen (X1-X4)

Untuk gambar ellips hijau: Variabel Laten/Faktor/Konstruk eksogen (a)

Untuk gambar ellips kuning: Variabel Laten/Faktor/ Konstruk endogen (b)

Untuk gambar kotak biru: Variabel indikator/manifest endogen (Y1-Y3)

Tanda panah yang mengarah dari ellips ke kotak menunjukkan model pengukuran (gampangnya menunjukkan hubungan antara variabel indikator/manifest ke konstruk). Biasa dinamakan Factor Loading sebagai pengukur korelasi antara variabel-variabel indikator  dengan Variabel Laten/Faktor/Konstruknya. (Baik yang eksogen maupun endogen).

Tanda panah dari kotak ke kotak menunjukkan pengaruh variabel Laten, Faktor  atau Konstruk eksogen ke variabel Laten/Faktor /Konstruk endogen. Kalau dalam regresi, sobat pernah tahu yang namanyan nilai beta, naaah itulah dia hehehe..

Tanda panah pendek-pendek yang ada pada masing-masing ketujuh variabel indikator/manifest menunjukkan varians dari masing-masing variabel indikator/manifest.

Sobat harus pahamkan dan camkan tentang apa itu model pengukuran dan model struktural dengan sangat kokoh. Diatas sudah saya singgung bahwa model pengukuran itu intinya berkutat pada hubungan antara variabel indikator/manifest dengan variabel laten/Faktor/Konstruk. Nah sekarang, yang dimaksud dengan model struktural adalah model hubungan antar variabel laten/Faktor/Konstruk eksogen ke variabel laten/Faktor/Konstruk eksogen

Misal dalam penerapan model SEM kompleks dimana kita pakai lebih dari satu variabel laten/Faktor/Konstruk eksogen maka akan ada hubungan masing-masing variabel laten eksogen dengan tanda panah bolak balik. Nah, tanda panah bolak balik ini menunjukkan varians/kovarians variabel laten/Faktor/Konstruk eksogennya.

Pahami kesembilan hal di atas dengan baik

Ingat hal nomor 10

Ingat hal nomor 10


Nah, sekarang balik ke kasus kita yaitu CFA dengan dua Faktor. Sekarang, kita siap menggambar.. Inget kita punya 5 variabel indikator/manifest eksogen yaitu kenyamanan, strategis, cost per night, fasilitas dan promo diskon sedangkan kita sudah tentukan dua Laten/Faktor/Konstruk eksogen dari output SPSS yaitu Lingkungan dan faktor biaya dan fasilitas. Nah, ayooo gimana gambarnya hehehehe..

Ini saya ingetin dulu lagi deh kerjaan akhir postingan sebelumnya:


Perhatikan sooob, setiap apakah itu variabel indikator/manifest ataupun variabel laten/Faktor/Konstruk selalu terbagi dua yaitu ada yang eksogen dan ada yang endogen. Nah, untuk yang posisinya sebagai endogen, harus kita check list sooob.. Nah, untuk variabel indikator/manifest cek pada kolom Y sedangkan untuk variabel laten/Faktor/Konstruk cek pada kolom Eta. Nah, dalam kasus ini kan hanya ada eksogen, jadi kita gak perlu memberi check list apa-apa ya. Pengetahuan ini saya sampaikan agar nanti dalam analisis lanjutan seperti SEM, sobat sudah terlebih dahulu tahu akan hal ini hehehe..

Nah, sekarang sorot seluruh variabel indikator eksogennya (mulai dari nyaman sampai promo_diskon) ke dalam lembar Path Diagram. Ini ilustrasinya..



Sekarang, sorot juga variabel laten/Faktor/Konstruk ke dalam lembar Path Diagram. Ini ilustrasinya:


Selanjutnya untuk melihat korelasi (loading factor) antara variabel indikator/manifest dengan variabel laten/Faktor/Konstruknya silahkan pakai tanda panah/arrow one way path. Ingeeet, buat panahnya dari laten ke manifest yaaa (ellips ke kotak).
Berikut ilustrasinya:



Okee pekerjaan kita untuk menampilkan output sudah sampai 90% nih sooob, jadi ayooo dong semangaaatt hehehe.. Nah, seperti perkataan saya sebelumnya, lihat pada hal pernyataan nomor 9 dari 12.. Bisa dipastikan 100% akan keluar output varians/kovarians antar variabel laten/Faktor/Konstruk eksogen.
Next, kita membuat Simplis Syntaxnya.. Caranya klik menu Setup dan pilih Build Simplis Syntax (atau tekan F8 pada keyboard). Berikut gambarannya:



Nah, ini dia syntax yang sebenarnya kita buat sooob dari menggambar tadi hehehe..


Setelah itu sobat tinggal klik RUN pada Lisrell, seperti ilustrasi berikut perhatikan pada sub menu persis di bawah menu Options.

Nah, kalau sudah RUN, muncul deh hasilnya seperti ini hehehe..

Nanti kita bisa pilih mau munculkan apa pada menu drop down Estimate.. Coba perhatikan pada Standardized Solution untuk melihat loading factor. Naaah, seperti yang saya bilang, akan muncul nilai varians/kovarians antar variabel laten/Faktor/Konstruk. Bandingkan saja nilai loading dengan pengerjaan pada SPSS. Masing-masing variabel indikator/manifest ternyata berkorelasi kuat dengan faktor bentukannya. Untuk meyakinkan bahwa indikator-indikator itu tepat sebagai komposisi konstruknya, lihat pada Modification Indices.



Hasilnya tidak ada penyaranan dari iterasi yang dilakukan komputer. Seandainya ada misalkan panah dari katakanlah fasilitas ke konstruk/faktor lingkungan, maka lakukanlah apa yang disarankan yaitu dengan membuat variabel fasilitas ke konstruk/faktor lingkungan ketimbang ke konstruk biaya dan fasilitas. Biasanya, nilai loading Factor akan meningkat sesuai dengan Modification Indices (jika ada penyaranan dari iterasi).

Waaah, akhirnya kelar juga nih sooob postingan kali ini hehehe... Udah mulai narik juga nih mata haha.. Okelah, itu dulu yang bisa saya bagikan ya sooob.. Saya berharap sobat bisa paham betul dulu isi postingan ini yang sudah sebisa dan sesimpel mungkin saya tuliskan dengan bahasa sederhana untuk sobat semua mudah memahaminya. 

Kalau sudah paham alur, konsep, olah, analisis dan interpretasi tentang CFA kasus dua faktor, sobat siap untuk lanjut ke analisis selanjutnya hehehe.. Otree deh, ingeeeet “harus ada semangat untuk bisa”. Vini, Vidi, Vici.. Selamat malam, sukses dan salam manis dari saya :-)
 





0 komentar:

Poskan Komentar