Welcome to Wajibstat Analysis Jibvela17...

NEW WAJIBSTAT ANALYSIS IS COMING***

Minggu, 28 April 2013

KONSEP MULTIDIMENSIONAL SCALLING ANALYSIS (MDSA) DISERTAI DENGAN CONTOH KASUS RISET PEMASARAN PRODUK KOPI TERBARU



KONSEP MULTIDIMENSIONAL SCALLING ANALYSIS (MDSA) DISERTAI DENGAN CONTOH KASUS RISET PEMASARAN PRODUK KOPI TERBARU

Pagi sobat semuanya hehehe.. apa kabarnya neh sooob?  Moga baik-baik aja yaa hehehe..  Oke deh kali ini saya akan berbagi postingan tentang multidimesional scalling soob.. Oops apaan tuh? Tenang, kita pelajari pelan-pelan ya hehehe.. 

Untuk lebih paham mending kita lirik langsung dari pendapat sifunya analisis ini hehehe.. Seperti ini sob: “ In multidimensional scalling, the objective is to transform the consumer judgements of similarity or preference in example the store or brand preference into distance represented in multidimensional space. If object A and B are judged by respondents as being the most similar compared with all other possible pair of object, MDS will position object A and B in such a way that the distance between them in multidimensional scalling space is similar than the distance of any other objects.” (Hair, et.al, 1995)

Jadi kira-kira begini pengertiannya soob.. Nah , analisis multidimensional scalling ini bertujuan untuk mentransformasikan bagaimana penilaian yang diberika para konsumen terhadap kemiripan atau preferensi terhadap sesuatu misalnya penilaian kemiripan terhadap beberapa toko atau merek barang. Nah, jika konsumen menilai ada kemiripan diantara objek tersebut, maka akan terlihat dalam jarak diantara keduanya pada skala multidimensi. Apabila objek A dan B, misalnya dinilai mirip oleh konsumen, maka MDS akan memetakan posisi objek A dan B pada posisi yang lebih dekat dibanding yang lainnya.

Jadi, dalam analisis ini, konsumen diberikan kebebasan melalukan penilaian sooob hehehe.. Nah, analisis multidimensional scalling ini sering dipakai dalam analisis pemasaran untuk melihat persaingan produk, untuk melihat posisi produknya, untuk melihat produk-produk mana yang dinilai sama dengan produk miliknya oleh konsumen agar manajer pemasaran bisa semakin berinovasi untuk menciptakan produk yang mampu bersaing dalam pasar. 

Kasus lain misalnya dalam evaluasi restoran, manajer bisa mengetahui kira-kira restoran mana-mana saja yang memiliki keunggulan komparatif hampir sama di mata pelanggan. Hal ini sangat penting agar perusahaan tidak collapse karena semakin tingginya persaingan dari restoran lain yang mulai “menempel” posisi perusahaannya.

Contoh kasus lain menarik lainnya gini nih sooob.. Misalnya dalam analisis riset pemasaran perusahaan penerbangan. Nah, kita bisa melihat bagaimana posisi suatu perusahaan penerbangan dan bisa juga kita lihat perusahaan-perusahaan penerbangan mana saja yang memiliki komparasi yang mirip dengan suatu perusahaan penerbangan. Ini sangat penting untuk manajer dalam melakukan strategi pemasaran untuk waktu ke depan.

Naaah.. Dari paparan di atas, tentu sangat menarik bukan analisis yang satu ini soooob hehehe.. Nah, boleh dong secara sederhana saya menyimpulkan kalau analisis multidimensional scalling ini digunakan untuk mengetahui positioning suatu produk jika dibandingkan dengan produk-produk pesaingnya. Sebagai catatan, MDSA ini bisa dipergunakan untuk skala data yang sama baik metrik (interval-rasio) maupun non metrik (nominal-ordinal)..

Oke deh sekarang saya berikan contoh kasus.. Misalnya saya sebagai seorang manejer riset pemasaran pada perusahaan industri manufaktur kopi hehehehe.. Nah, saya mau melihat bagaimana posisi produk kopi terbaru yang masuk pasar hanya 3 bulan yang lalu. Katakanlah merek kopi itu “TOS KOPI”. Untuk data penelitian, silahkan sobat download disini.

Karena dalam analisis MDSA kita boleh pakai skala metrik atau non metrik, maka dalam hal ini saya pakai skala yang metrik aja yaa hehehe..
Saya susun kuesioner survei kira-kira seperti ini sooob..


Untuk data penelitian karena saya pakai data metrik, maka penilaian sudah dirata-ratakan (averaged ratio value) untuk masing-masing merek kopi terhadap kriteria-kriteria yang dinilai oleh konsumen.
Berikut langkahnya dalam SPSS sooob hehehe..
Klik Analyze, Scale lalu pilih Multidimensional Scalling (ALSCAL). Berikut gambarannya:


Masukkan seluruh variabel mulai dari Tos_Kopi sampai dengan Wajibstat_Kopi ke dalam bagian Variables. Nah, pada Shape pilih Rectangular untuk menggambarkan pemetaan (mapping) jarak Euclidean pada output. Berikut gambarannya:
  

Selanjutnya klik pada Model dan pada Level of Measurement pilih skala data yang dipakai, dalam hal ini kita pilih Rasio.. Lalu pada scalling model silahkan centang pada Euclidean Distance. Untuk Conditionality kita pilih Row karena kita hanya akan membandingkan produk kopi berdasarkan kriterianya yang sudah di set per baris (row 1=Kekentalan, row 2=Rasa, row 3=Aroma, row 4=Warna, row 5=Harga, row 6=Manfaat dan row 7=Kemasan). Berikut gambarannya:


Selanjutnya klik lagi Options dan pada bagian Display silahakan sobat centang Group Plots seperti ini:
  

Oke deh soob, itu dulu untuk langkah-langkah dalam Multidimensional Scalling Analysis yang bisa saya bagikan.. Setelah tadi saya sharing dengan rekan saya terkait analisis ini, ada lebih baiknya dalam penelitian sobat nanti, sobat melakukan analisis faktor dulu untuk mengerucutkan variabel-variabel yang ada ke dalam dua dimensi (faktor baru) agar dalam pembacaan outputnya nanti, bisa lebih mudah dilakukan ketimbang kita harus melihat kemiripan masing-masing produk berdasarkan ketujuh variabel yang kita pergunakan.
 
Yaaap, tetap stay tune di wajibstat.blogspot.com.. Selanjutnya, akan hadir output Multidimensional Scalling Analysis pada postingan selanjutnya.. Semoga postingan ini bermanfaat.. Semangat dan salam sukses :-)

3 komentar:

  1. hASIL OUTPUTNYA BISA DI DOWNLOAD DIMANA GUYS?

    BalasHapus
  2. Mantabs, maaksih ilmunya, bermanfaat sekali

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus