Welcome to Wajibstat Analysis Jibvela17...

NEW WAJIBSTAT ANALYSIS IS COMING***

Senin, 15 April 2013

KONSEP ANALISIS MULTIVARIAT ANOVA (GLM ONE WAY MANOVA) DILENGKAPI CONTOH KASUS DENGAN SPSS 16



KONSEP ANALISIS MULTIVARIAT ANOVA (GLM ONE WAY MANOVA) DILENGKAPI CONTOH KASUS DENGAN SPSS 16

Malam sobat semua,, apa kabar semua? Hehehe.. Kalau di bahasa daerah saya bilangnya gini sonaha do kabar nasiam? Hehehe.. Yah semoga baik baik aja ya.. Saya pun demikian biar bisa ngeposting lagi untuk sobat semua..
Nah, malam hari dingin dingin begini.. saya mau posting sesuatu yang buat suasana agak hot dikitlah hehehe.. Yak, tanpa berlama-lama,, ayo kita belajar lagi,, Hemmh belajar analisis multivariat anova atau sering dikenal denga istilah MANOVA..

Yaaa saya berharap semuanya senyum dulu.  Jangan panik ngedenger istilah itu.. Saya kasi saran dari salah satu dosen kalkulus saya dulu, “harus ada semangat untuk bisa”..

Nah, Manova ini kalau mau disejajarkan kesetaraannya dengan Anova yang one way.. Kalau di one way Anova kita pakainya satu variabel terikat dan sati variabel bebas sedangkan kalau di Manova ini kita pakainya lebi h dari satu variabel terikat (Y) dan hanya satu variabel bebas (X).. ingat ya untuk variabel bebasnya harus kualitatif (non metrik). 

Buat mempermudah pemahaman sobat saya kasi contoh begini.. Apakah ada perbedaan nilai ujian kalkulus dan waktu pengerjaan ujian berdasarkan metode yang diberikan kepada mahasiswa fakultas kedokteran gigi Univ. XXX. Katakan, sampel yang saya ambil sebanyak 30 mahasiswa FKG. Tanpa berlama-lama dan ragu-ragu silahkan unduh datanya disini.

Nah kalau sobat sudah unduh datanya, input ke dalam program SPSS dulu. Untuk metode pengajaran yang diberikan terdiri atas metode A, B dan C.. Ini bisa sobat atur pada value label variabel metode.. Ini contoh ilustrasinya:




Kalau sudah, buatkan tampilan data view seperti ini hanya dengan mengutak atik variable viewnya saja:




Oke deh langsung saja kita ke bagian analisisnya.. let’s go..
Langkah awal klik menu Analyze dan pilih General Linier Model (GLM), lalu pilih Multivariat (karena variabel terikat yang kita pakai lebih dari satu). 




Lalu masukkan variabel nilai dan waktu ke dalam bagian Dependent sedangkan variabel metode masukkan ke dalam bagian Fixed Factor(s).. Untuk Covariate tidak usah diisi karena bagian ini akan diisi pada saat uji dengan Analisis Kovarians (Ancova) dan Multivariat Analisis Kovarians (Mancova). Berikut gambarannya:
  

Lalu pada klik pada bagian Post Hoc (untuk melihat yang mana yang berbeda antara metode A, B dan C terhadap nilai dan waktu. Masukkan variabel metode ke dalam bagian Post Hoc Test for dan pilihlah Tukey HSD (Honestly Significant Different).
 



Kemudian klik lagi pada bagian Options dan pada bagian Display Means for masukkan Overall (secara keseluruhan menampilkan rata-rata). Lalu pada bagian Display centang Descriptive untuk menampilakn informasi deskriptif dan Homogenity Tests untuk menampilkan uji kesamaan/homogenitas varians analisis Manova dengan Box M. Berikut ini ilustrasinya sobb.. 




Selanjutnya tinggal klik dan OK untuk menampilkan hasilnya.. Nah, untuk output akan saya buat pada bahasan selanjutnya.. Kepanjangan sob kalau saya satukan dengan langkahnya.. 

Tunggu saja postingan saya selanjutnya tentang output Manova (kelanjutan konsep analisis multivariat anova (glm manova) dilengkapi contoh kasus dengan spss 16).. 

Oke deh itu dulu konsep dan langkah pengerjaan dari kasus yang bisa saya contohkan.. Kurang lebihnya, saya mohon maaf sob.. Semoga postingan ini bermanfaat bagi kita semua.. Salam sukses dan salam hangat terdahsyat dari saya hehehe :-)


 



4 komentar:

  1. Sama-sama Bapak.. Makasih juga sudah berkunjung ke blog saya :)

    BalasHapus
  2. Maaf mas, mo nanya...
    Apakah ada syarat jenis data variabel dependen.nya harus sama? Misal yg satu data ordinal dan yg satunya data interval apa bisa langsung dianalisis?
    makasih sblmnya...

    BalasHapus
  3. Mau tanya dong pak.. kalau misal variabel pertama layanan belajar(angket), variabel kedua layanan informasi (angket), dan variabel ke 3 prestasi belajar (nilai) gmn ya? Yg dimasukkan ke dependen variabel dan fix factori yg mana ya? Saya bingung, terimakasih

    BalasHapus