Welcome to Wajibstat Analysis Jibvela17...

NEW WAJIBSTAT ANALYSIS IS COMING***

Rabu, 27 Februari 2013

MENGENAL STATA

Mau tahu apa itu STATA?
Penasaran??

Wush kalem aja hahaha..  kali ini saya mau kenalin nih apa itu STATA..
Langsung to the point aja, STATA itu sejenis software statistik yang menurut saya bagus bangetlah buat pengolahan dan analisis data..

Nah, banyak sih software statistik lain seperti SPSS, Eviews, Lisrell/Amos, R, dll tapi saya menilai STATA itu ibarat gabungan antara software lain (khusus SPSS dan Eviews)..

Kelebihannya, untuk STATA versi 8 ke atas itu sudah difasilitasi dengan menu bar sama seperti yang lainnya (tinggal klik-klik aja) hahaha.. tapi dalam STATA kita bisa pake Syntax nih temen2.. Gak usah bingung syntaxnya bisa kok dipelajari..

Pekerjaan dengan STATA jd lebih cepat berkat akomodasi syntax, misal kalo kita mau ganti significance level dari 90% ke 99%, gak perlu buka-buka menu bar lagi, langsung di syntax aja..

Contoh pengerjaan dengan STATA

Misal disini saya contohin menguji ada gak sih kesamaan rata-rata usia antar jenis kelamin (laki-laki dan perempuan). Nah awalnya sign.level 90%

Baru, saya naikkan ke 99%, cukup dengan edit syntax pada halaman command:
ttest usia, by(jen_kel) level(99)

Nih, saya tampilkan hasilnya,, hehe,, Mudah kannnn..

Ternyata tidak ada perbedaan rata-rata usia antar jenis laki-laki dan perempuan..

Nah, seperti opini saya, STATA ini semacam gabungan antara SPSS dengan Time Series.. Banyak banget analisis yang bisa dikerjakan dengan STATA.

Lanjut lagi, dalam STATA kita bisa melakukan pengambilan sampel yang gak cuma diasumsikan secara SRS (simple random sampling>> sampling paling sederhana), tapi bisa secara cluster atau stratified yang variansnya lebih kecil atau minimal sama dengan SRS..

Sekian dulu hot introduction STATA, tunggu postingan selanjutnya tentang tutorial STATA.
Saya mau ngelarin kerjaan dulu wkwkwkw.. Salam.

0 komentar:

Poskan Komentar